Sabtu, 08 April 2017

Silabus PKn Kelas XI



SILABUS  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : SMK Negeri 1 Sragi             
Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                             : XI
Semester                       : Ganjil
Standar Kompetensi   : 1. Menganalisis budaya politik di Indonesia


No

Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi pokok/
Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber / Bahan / Alat
Metode
Bentuk

1.1



















1.2


















1.3



















1.4






Mendeskripsikan pengertian budaya politik


















Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia















Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik














Menampilkan peran serta budaya politik partisipan


·   Demokratis, kerja keras, jujur, rasa ingin tahu, disiplin, tanggung jawab














·   Demokratis, kerja keras, jujur, rasa ingin tahu, disiplin, tanggung jawab













·   Demokratis, kerja keras, jujur, rasa ingin tahu, disiplin, tanggung jawab













·   Demokratis, kerja keras, jujur, rasa ingin tahu, disiplin, tanggung jawab
·   anggung jawab

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan


·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

·  Mendeskripsikan pengertian budaya politik


















·  Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik menurut Almond, dkk
·  Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia











·  Menganalisis budaya politik yang berkembang di Indonesia
















§ Mendeskripsikan budaya politik partisipan di Indonesia

1.1.1pengertian budaya politik



















1.2.1tipe-tipe budaya politik menurut  Gabriel A. Almond dan Sidney Verba
1.2.2 tipe-tipe budaya politik  yang berkembang di Indonesia










1.3.1 Budaya politik yang berkembang di Indonesia

















1.4.1 Budaya Politik Partisipan di Indonesia


§ Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang  pengertian budaya politik












§ Secara klasikal mendiskusikan tipe-tipe budaya politik menurut Almond dan tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia









Secara kelompok  menggali informasi melalui media massa tentang  budaya politik yang berkembang di Indonesia
§ Mempresentasikan hasil temuan dan  diskusi kelompok 







§ Secara individu mendeskripsikan temuannya mengenai budaya politik partispan di Indonesia



Ulangan



















Ulangan


















Tugas  kelompok







Pengamatan










Tugas individu








Uraian



















Uraian


















Laporan diskusi
Dan Resume




Performance










 kliping









2 jam



















2 jam


















2 jam








2 jam











2 jam









·    Buku PKn SMKdan MAK Kelas XI,   Retno Listyarti, (2008), Penerbit Erlangga
·   Buku Khazanah Kewarganegaraan untuk kelas X1SMA dan MA, Bambang Tri Purwanto dan Sunardi, (2010), Penerbit Tiga Serangkai
·   Internet






SILABUS  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                 : SMK Negeri 1Sragi
Mata Pelajaran                : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                 : XI
Semester                           : Ganjil
Standar Kompetensi       : 2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
Alokasi Waktu                 : 8 X 45 Menit

No
Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber / Bahan / Alat
Metode
Bentuk

2.1




















2.2



















2.3



















2.4

Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi

















Megidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
















Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi














Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari

·   Demokratis, kerja keras, disiplin, mandiri, peduli sosial, tanggung jawab, rasa ingin tahu














·   Demokratis, kerja keras, disiplin, mandiri, peduli sosial, tanggung jawab













·   Demokratis, kerja keras, disiplin, mandiri, peduli sosial, tanggung jawab, rasa ingi tahu













·   Demokratis, kerja keras, disiplin, mandiri, peduli sosial, tanggung jawab

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

·  Mendeskripsikan pengertian budaya demokrasi

·  Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi













·  Mendeskrisikan pengertian masyarakat madani
·  Mengidentifikasi  ciri-ciri masyarakat madani












·  Menganalisis pelaksanaan demokrasi yang berkembang di Indonesia
















§ Menunjukkkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari

2.1.1pengertian budaya demokrasi


2.1.2 prinsip-prinsip budaya demokrasi














2.2.1 Pengertian masyarakat madani

2.2.2 Ciri-ciri masyarakat Madani













2.3.1 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era orde lama

2.3.2 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era orde baru
2.3.3 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era reformasi






Budaya Demokrasi dalam kehidupan Sehari-hari

§ Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang  pengertian budaya demokrasi

§ Secara klasikal mendiskusikan prinsip-prinsip budaya demokrasi








§ Secara individu menggali informasi melalui  studi pustaka  tentang pengertian masyarakat madani dan mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani









§ Secara berkelompok menggali informasi melalui studi pustaka mengenai pelaksanaan demokrasi di era orde lama

§ Secara individu melalui kajian
pustaka
 menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era Orba dan Reformasi


§ Secara individu menunjukkan  perilaku pada  masyarakat Indonesia yang mencermikan budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari

Kuis








Ulangan











 Ulangan



















Tugas Kelompok







Tugas  Individu









Tugas Individu




Jawaban singkat







Uraian











Uraian



















Laporan Tertulis








Laporan hasil analisa & Resume







Kliping









1 jam








1 jam











2 jam



















2  jam









2 jam










2 jam









·   Buku PKn SMK dan MAK Kelas XI,   Retno Listyarti, (2008), Penerbit Erlangga
·   Buku Khazanah Kewarganegaraan untuk kelas X1SMA dan MA, Bambang Tri Purwanto dan Sunardi, (2010), Penerbit Tiga Serangkai
·   Internet







SILABUS  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                   : SMK Negeri 1 Sragi
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                   : XI
Semester                             : Ganjil
Standar Kompetensi         : 3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Alokasi Waktu                   : 8 X 45 Menit

No
Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber / Bahan / Alat
Metode
Bentuk

3.1




















3.2



















3.3






Mendeskripsikan pengertian  dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara














Menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan














 Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara





·   Demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, kerja sama, disiplin, jujur, tanggung jawab













·   Demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, kerja sama, jujur, disiplin, tanggung jawab











·   Demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, kerja sama, jujur, disiplin, rasa ingin tahu

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

·  Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan
·  Menguraikan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara










·  Mengidentifikasi dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan













§ Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari

3.1.1pengertian keterbukaan
3.1.2 pengertian keadilan
3.1.3 Pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara












3.2.1 Dampak Penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak Transparan di beberapa negara
3.2.2 Dampak Penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak Transparan di Indonesia








3.3.1 Keterbukaan dan Keadilan Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara













§ Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang  pengertian keterbukaan dan keadilan

§ Secara klasikal mendiskusikan  alasan pentingnya keterbukaan dan jaminan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara






§ Secara kelompok  melalui kajian pustaka menganalisis dampak pemerintahan yang tidak transparan













§  Mempresentasik-an hasil temuan dan  diskusi kelompok 



§ Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka dan media internet mengenai kasus-kasus keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 


Ulangan







Ulangan












Tugas  kelompok


















Pengamatan




Tugas Individu







Uraian







Uraian












Laporan diskusi
Dan Resume
















Lembar Pengamatan



Laporan tertulis & Kliping





2 jam







2 jam












2 jam



















2 jam





2 jam











·    Buku PKn SMK dan MAK Kelas XI,   Retno Listyarti, (2008), Penerbit Erlangga
·   Buku Khazanah Kewarganegaraan untuk kelas X1SMA dan MA, Bambang Tri Purwanto dan Sunardi, (2010), Penerbit Tiga Serangkai
·   Internet






Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 1 Sragi



IWP. ADI GUNAWAN, S.Pd
 NIP. 19690532 200003 1 004

Sragi,     Juli 2016
Guru Mapel PKN.



TASMINI, S.Pd
                   







SILABUS  PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                   : SMK Negeri 1 Sragi
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                   : XI
Semester                             : Genap
Standar Kompetensi         : 4. Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional
Alokasi Waktu                   : 14 X 45 Menit

No
Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber / Bahan / Alat
Metode
Bentuk

4.1




















4.2




















4.3




















4.4











Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara















Menjelaskan Tahap-tahap perjanjian internasional

















Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional













Menghargai kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia




·   Bersahabat, kerja keras, tanggung jawab, jujur, disiplin
















·   Bersahabat, kerja keras, tanggung jawab, jujur, disiplin
















·   Bersahabat, kerja keras, tanggung jawab, jujur, disiplin
















·   Bersahabat, kerja keras, tanggung jawab, jujur, disiplin


·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

·  Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
·  Mendeskripsikan pentingnya hubungan internasional
§ Mengidentifikasi sarana-sarana hubungan internasional









§ Menguraikan tahap-tahap perjanjian internasional

















§ Menguraikan peranan ASEAN, AA dan PBB dalam meningkatkan hubungan internasional















§ Menunjukkan manfaat perjanjian internasional bagi Indonesia

 4.1.1 Pengertian Hubungan Internasional
4.1.2  Peranan Hubungan Internasional
4.1.3 Sarana-sarana hubungan internasional













4.2.1 Tahap-tahap Perjanjian Internasional


















4.3.1 Peranan ASEAN
4.3.2 Peranan AA
4.3.3 Peranan PBB
















4.4.1 Manfaat Perjanjian-Perjanjian  Internasional yang melibatkan Indonesia 

§ Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang  pengertian  hubungan internasional
§ Secara klasikal mendiskusikan peranan hubungan internasional dan sarana-sarana dalam  hubungan internasional








§ Secara kelompok  menguraikan tahap-tahap perjanjian internasional

















§ Secara kelompok menggali informasi melalui media cetak  mengenai peranan ASEAN, AA, dan PBB
§ Mempresentasikan hasil temuan 3 kelompok kajian














§ Secara klasikal  menguraikan beberapa contoh perjanjian internasional







Ulangan






Ulangan













Tugas  kelompok



















Tugas kelompok



















Ulangan










Uraian






Uraian













Resume




















Laporan tertulis dalm bentuk  
resume

















Uraian









2 jam






2 jam













2 jam




















4 jam





















4 jam











·    Buku PKn SMK dan MAK  Kelas XI,   Retno Listyarti, (2008), Penerbit Erlangga
·   Buku Khazanah Kewarganegaraan untuk kelas X1SMA dan MA, Bambang Tri Purwanto dan Sunardi, (2010), Penerbit Tiga Serangkai
·   Internet






SILABUS  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                   : SMK Negeri 1 Sragi
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                   : XI
Semester                             : Genap
Standar Kompetensi         : 5.  Menganalisis sistem hukum dan peradilan internasional
Alokasi Waktu                   : 12 X 45 Menit

No
Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber / Bahan / Alat
Metode
Bentuk

5.1




















5.2























5.3













Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional

















Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional















Menghargai putusan Mahkamah Internasional






·   Bersahabat, kerja keras, cinta damai, jujur, disiplin, tanggung jawab















·   Bersahabat, kerja keras, cinta damai, jujur, disiplin, tanggung jawab



















·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)





·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)




·  Menguraikan   sistem hukum dan oeradilan internasional




















§ Mengidentifikasi penyebab timbulnya sengketa internasional
§ Menguraikan cara penyelesaian sengketa internasional oleh Mahkamah internasional












§ Menunjukkan  sikap menghargai putusan Mahkamah Internasional

5.1.1Sistem hukum dan Peradilan Internasional

















5.2.1
Penyebab Timbulnya Sengketa Internasional
5.2.2
Peranan Mahkamah Internasional dalam Menyelesaikan Sengketa Internasional












5.3.1 Menghargai Putusan Mahkamah Internasional






§ Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang  sistem hukum dan peradilan internasional














§ Secara klasikal menngidentifikasi melalui kajian pustaka mengenai sebab-sebab timbulnya sengketa internasional
§  Secara kelompok menggali nformasi melalui media massa dan internet tentang  peranan Mahkamah Internasional dalam menyelesaikan kasus-kasus sengketa internasional


§ Secara kelompok melalui diskusi  menunjukkan  sikap menghargai putusan Mahkamah Internasional (satu contoh kasus sesuai pilihan kelompok dan sekaligus digabung pelaksanaannya pada saat membahas materi  peranan mahkamah internasional)

§ Mempresentasi hasil diskusi kelompok



Ulangan























Ulangan





Tugas  kelompok




Tugas kelompok










Pengamatan










Uraian























Uraian





Laporan diskusi
&  kliping


Laporan tertulis dan kliping









Performance








4 jam




















4 jam




















4 jam











·    Buku PKn SMK dan MAK Kelas XI,   Retno Listyarti, (2008), Penerbit Erlangga
·   Buku Khazanah Kewarganegaraan untuk kelas X1SMA dan MA, Bambang Tri Purwanto dan Sunardi, (2010), Penerbit Tiga Serangkai
·   Internet






Mengetahui,
Kepala SMKN 1 Sragi



    IWP. ADI GUNAWAN, S.Pd
    NIP . 19690532 200003 1 004

Sragi,   Januari 2017
Guru Mapel PKN.



TASMINI, S.Pd
                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar