SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Sragi
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XI
Semester :
Ganjil
Standar Kompetensi :
1. Menganalisis budaya politik di Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber /
Bahan / Alat
|
|
Metode
|
Bentuk
|
|||||||||
1.1
1.2
1.3
1.4
|
Mendeskripsikan pengertian budaya politik
Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat
Indonesia
Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik
Menampilkan peran serta budaya politik partisipan
|
· Demokratis, kerja keras, jujur, rasa
ingin tahu, disiplin, tanggung jawab
· Demokratis, kerja keras, jujur, rasa
ingin tahu, disiplin, tanggung jawab
· Demokratis, kerja keras, jujur, rasa
ingin tahu, disiplin, tanggung jawab
· Demokratis, kerja keras, jujur, rasa
ingin tahu, disiplin, tanggung jawab
· anggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Mendeskripsikan pengertian budaya politik
· Mengidentifikasi
tipe-tipe budaya politik menurut Almond, dkk
· Mengidentifikasi
tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia
· Menganalisis budaya
politik yang berkembang di Indonesia
§ Mendeskripsikan budaya
politik partisipan di Indonesia
|
1.1.1pengertian budaya politik
1.2.1tipe-tipe budaya politik menurut
Gabriel A. Almond dan Sidney Verba
1.2.2 tipe-tipe budaya politik
yang berkembang di Indonesia
1.3.1 Budaya politik yang berkembang di Indonesia
1.4.1 Budaya
Politik Partisipan di Indonesia
|
§ Secara individu
menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian budaya politik
§ Secara klasikal
mendiskusikan tipe-tipe budaya politik menurut Almond dan tipe-tipe budaya
politik yang berkembang di Indonesia
Secara kelompok menggali informasi
melalui media massa tentang budaya
politik yang berkembang di Indonesia
§ Mempresentasikan hasil
temuan dan diskusi kelompok
§ Secara individu
mendeskripsikan temuannya mengenai budaya politik partispan di Indonesia
|
Ulangan
Ulangan
Tugas kelompok
Pengamatan
Tugas individu
|
Uraian
Uraian
Laporan diskusi
Dan Resume
Performance
kliping
|
2 jam
2 jam
2 jam
2 jam
2 jam
|
· Buku
PKn SMKdan MAK
Kelas XI, Retno Listyarti,
(2008), Penerbit Erlangga
· Buku Khazanah
Kewarganegaraan untuk kelas X1SMA dan MA, Bambang Tri Purwanto dan Sunardi,
(2010), Penerbit Tiga Serangkai
· Internet
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK Negeri 1Sragi
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XI
Semester :
Ganjil
Standar Kompetensi :
2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
Alokasi Waktu :
8 X 45 Menit
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber /
Bahan / Alat
|
|
Metode
|
Bentuk
|
|||||||||
2.1
2.2
2.3
2.4
|
Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
Megidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde
baru, dan reformasi
Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
|
· Demokratis, kerja keras, disiplin,
mandiri, peduli sosial, tanggung jawab, rasa ingin tahu
· Demokratis, kerja keras, disiplin,
mandiri, peduli sosial, tanggung jawab
· Demokratis, kerja keras, disiplin,
mandiri, peduli sosial, tanggung jawab, rasa ingi tahu
· Demokratis, kerja keras, disiplin,
mandiri, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Mendeskripsikan pengertian budaya
demokrasi
· Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya
demokrasi
· Mendeskrisikan
pengertian masyarakat madani
· Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
· Menganalisis
pelaksanaan demokrasi yang berkembang di Indonesia
§ Menunjukkkan perilaku
budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1pengertian budaya demokrasi
2.1.2 prinsip-prinsip budaya demokrasi
2.2.1 Pengertian masyarakat madani
2.2.2 Ciri-ciri masyarakat Madani
2.3.1 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era orde lama
2.3.2 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era orde baru
2.3.3 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era reformasi
Budaya Demokrasi dalam kehidupan Sehari-hari
|
§ Secara individu
menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian budaya demokrasi
§ Secara klasikal
mendiskusikan prinsip-prinsip budaya demokrasi
§ Secara individu
menggali informasi melalui studi
pustaka tentang pengertian masyarakat
madani dan mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
§ Secara berkelompok
menggali informasi melalui studi pustaka mengenai pelaksanaan demokrasi di
era orde lama
§ Secara individu melalui
kajian
pustaka
menganalisis pelaksanaan demokrasi
di Indonesia pada era Orba dan Reformasi
§ Secara individu
menunjukkan perilaku pada masyarakat Indonesia yang mencermikan
budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
|
Kuis
Ulangan
Ulangan
Tugas Kelompok
Tugas Individu
Tugas Individu
|
Jawaban singkat
Uraian
Uraian
Laporan Tertulis
Laporan hasil analisa & Resume
Kliping
|
1 jam
1 jam
2 jam
2 jam
2 jam
2 jam
|
· Buku PKn SMK dan MAK Kelas XI, Retno
Listyarti, (2008), Penerbit Erlangga
· Buku Khazanah Kewarganegaraan untuk kelas X1SMA dan MA, Bambang Tri
Purwanto dan Sunardi, (2010), Penerbit Tiga Serangkai
· Internet
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK Negeri 1 Sragi
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XI
Semester :
Ganjil
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
Alokasi Waktu :
8 X 45 Menit
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber /
Bahan / Alat
|
|
Metode
|
Bentuk
|
|||||||||
3.1
3.2
3.3
|
Mendeskripsikan pengertian dan
pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
Menunjukkan sikap keterbukaan dan
keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
· Demokratis, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, kerja sama, disiplin, jujur, tanggung jawab
· Demokratis, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, kerja sama, jujur, disiplin, tanggung jawab
· Demokratis, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, kerja sama, jujur, disiplin, rasa ingin tahu
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Mendeskripsikan pengertian keterbukaan
dan keadilan
· Menguraikan pentingnya
keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
· Mengidentifikasi dampak
penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
§ Menunjukkan sikap
keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1.1pengertian keterbukaan
3.1.2 pengertian keadilan
3.1.3 Pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
3.2.1 Dampak Penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak Transparan di
beberapa negara
3.2.2 Dampak Penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak Transparan di
Indonesia
3.3.1 Keterbukaan dan Keadilan Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
|
§ Secara individu
menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian keterbukaan dan keadilan
§ Secara klasikal
mendiskusikan alasan pentingnya
keterbukaan dan jaminan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
§ Secara kelompok melalui kajian pustaka menganalisis dampak
pemerintahan yang tidak transparan
§ Mempresentasik-an hasil
temuan dan diskusi kelompok
§ Secara individu
menggali informasi melalui studi pustaka dan media internet mengenai
kasus-kasus keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
|
Ulangan
Ulangan
Tugas kelompok
Pengamatan
Tugas Individu
|
Uraian
Uraian
Laporan diskusi
Dan Resume
Lembar Pengamatan
Laporan tertulis & Kliping
|
2 jam
2 jam
2 jam
2 jam
2 jam
|
· Buku
PKn SMK dan MAK
Kelas XI, Retno Listyarti,
(2008), Penerbit Erlangga
· Buku Khazanah Kewarganegaraan untuk kelas X1SMA dan MA, Bambang Tri
Purwanto dan Sunardi, (2010), Penerbit Tiga Serangkai
· Internet
|
Mengetahui,
Kepala
SMK Negeri 1 Sragi
IWP. ADI GUNAWAN, S.Pd
NIP. 19690532 200003 1 004
|
Sragi, Juli 2016
Guru
Mapel PKN.
TASMINI, S.Pd
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK Negeri 1 Sragi
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XI
Semester :
Genap
Standar Kompetensi :
4. Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional
Alokasi Waktu :
14 X 45 Menit
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber /
Bahan / Alat
|
|
Metode
|
Bentuk
|
|||||||||
4.1
4.2
4.3
4.4
|
Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan
internasional bagi suatu negara
Menjelaskan Tahap-tahap perjanjian internasional
Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam meningkatkan
hubungan internasional
Menghargai kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi
Indonesia
|
· Bersahabat, kerja keras, tanggung jawab,
jujur, disiplin
· Bersahabat, kerja keras, tanggung jawab,
jujur, disiplin
· Bersahabat, kerja keras, tanggung jawab,
jujur, disiplin
· Bersahabat, kerja keras, tanggung jawab,
jujur, disiplin
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Mendeskripsikan pengertian hubungan
internasional
· Mendeskripsikan pentingnya hubungan
internasional
§ Mengidentifikasi
sarana-sarana hubungan internasional
§ Menguraikan tahap-tahap
perjanjian internasional
§ Menguraikan peranan
ASEAN, AA dan PBB dalam meningkatkan hubungan internasional
§ Menunjukkan manfaat
perjanjian internasional bagi Indonesia
|
4.1.1 Pengertian Hubungan
Internasional
4.1.2 Peranan Hubungan
Internasional
4.1.3 Sarana-sarana hubungan internasional
4.2.1 Tahap-tahap Perjanjian Internasional
4.3.1 Peranan ASEAN
4.3.2 Peranan AA
4.3.3 Peranan PBB
4.4.1 Manfaat Perjanjian-Perjanjian
Internasional yang melibatkan Indonesia
|
§ Secara individu
menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian
hubungan internasional
§ Secara klasikal
mendiskusikan peranan hubungan internasional dan sarana-sarana dalam hubungan internasional
§ Secara kelompok menguraikan tahap-tahap perjanjian
internasional
§ Secara kelompok
menggali informasi melalui media cetak mengenai peranan ASEAN, AA, dan PBB
§ Mempresentasikan hasil
temuan 3 kelompok kajian
§ Secara klasikal menguraikan beberapa contoh perjanjian internasional
|
Ulangan
Ulangan
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Ulangan
|
Uraian
Uraian
Resume
Laporan
tertulis dalm bentuk
resume
Uraian
|
2 jam
2 jam
2 jam
4 jam
4 jam
|
· Buku
PKn SMK dan MAK Kelas XI, Retno
Listyarti, (2008), Penerbit Erlangga
· Buku Khazanah Kewarganegaraan untuk kelas X1SMA dan MA, Bambang Tri
Purwanto dan Sunardi, (2010), Penerbit Tiga Serangkai
· Internet
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK Negeri 1 Sragi
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XI
Semester :
Genap
Standar Kompetensi :
5. Menganalisis sistem hukum dan
peradilan internasional
Alokasi Waktu :
12 X 45 Menit
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber /
Bahan / Alat
|
|
Metode
|
Bentuk
|
|||||||||
5.1
5.2
5.3
|
Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional
Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara
penyelesaian oleh Mahkamah Internasional
Menghargai putusan Mahkamah Internasional
|
· Bersahabat, kerja keras, cinta damai,
jujur, disiplin, tanggung jawab
· Bersahabat, kerja keras, cinta damai,
jujur, disiplin, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Menguraikan sistem hukum dan oeradilan internasional
§ Mengidentifikasi
penyebab timbulnya sengketa internasional
§ Menguraikan cara
penyelesaian sengketa internasional oleh Mahkamah internasional
§ Menunjukkan sikap menghargai putusan Mahkamah
Internasional
|
5.1.1Sistem hukum dan Peradilan Internasional
5.2.1
Penyebab Timbulnya Sengketa Internasional
5.2.2
Peranan Mahkamah Internasional dalam Menyelesaikan Sengketa Internasional
5.3.1 Menghargai Putusan Mahkamah Internasional
|
§ Secara individu
menggali informasi melalui studi pustaka tentang sistem hukum dan peradilan internasional
§ Secara klasikal
menngidentifikasi melalui kajian pustaka mengenai sebab-sebab timbulnya
sengketa internasional
§ Secara kelompok menggali nformasi melalui
media massa dan internet tentang
peranan Mahkamah Internasional dalam menyelesaikan kasus-kasus
sengketa internasional
§ Secara kelompok melalui
diskusi menunjukkan sikap menghargai putusan Mahkamah
Internasional (satu contoh kasus sesuai pilihan kelompok dan sekaligus
digabung pelaksanaannya pada saat membahas materi peranan mahkamah internasional)
§ Mempresentasi hasil
diskusi kelompok
|
Ulangan
Ulangan
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Pengamatan
|
Uraian
Uraian
Laporan diskusi
& kliping
Laporan tertulis dan kliping
Performance
|
4 jam
4 jam
4 jam
|
· Buku
PKn SMK dan MAK
Kelas XI, Retno Listyarti,
(2008), Penerbit Erlangga
· Buku Khazanah Kewarganegaraan untuk kelas X1SMA dan MA, Bambang Tri
Purwanto dan Sunardi, (2010), Penerbit Tiga Serangkai
· Internet
|
Mengetahui,
Kepala SMKN 1 Sragi
IWP. ADI GUNAWAN, S.Pd
NIP
. 19690532 200003 1 004
|
Sragi,
Januari
2017
Guru Mapel PKN.
TASMINI, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar