PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan
Pendidikan : SMK
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas /
Semester : XII / 1
Tahun
Pelajaran : 2017 -2018
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek
|
Ket
|
|
Penguasaan Konsep
|
Penerapan
|
||||
1. Menampil-kan sikap positif
terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
|
1.1
Mendeskripsi-kan Pancasila sebagai ideologi terbuka
|
Mendeskripsikan makna ideologi negara
Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi
negara
Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
|
Makna ideologi negara
Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
Fungsi pokok Pancasila sebagi dasar negara dan ideologi negara
Perbedaan ideology terbuka dan ideologi tertutup
Makna Pancasila sebagai terbuka
|
C 2
C 3
C 2
C 2
C 2
|
|
|
1.2 Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
dan paradigma pembangunan
|
Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai.
Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
|
Pengertian Pancasila sebagai isumber nilai
PengertianPancasila sebagai paradigm apembanganuan
Analisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangauanan
|
C 2
C 2
C 4
|
|
|
1.3
Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
|
Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila
Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai
ideologi terbuka.
|
Contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila
Cara bersikap positif yangsesuai dengan Pancasila sebagai ideologi
terbuka
|
A 4
C 4
|
|
2. Mengevalu-asi berbagai sistem pemerintahan
|
2.1 Menganalisis
sistem pemerintahan di berbagai negara
|
Mendeskripsikan penegertian system pemerintahan
Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di
berbagai Negara
Menguraikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan
Parlementer
Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
|
Pengertian system pemerintahan
Sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai negara
Kelebihan dan kelemahan si stem pemerintahan Presidensial dan
Parlementer
Ciri system
pemerintahan Presidensial dan Parlementer
|
C 2
C 3
C 2
C 1
|
|
|
2.2 Menganalisis pelaksanaan sistem
pemerintahan Negara Indonesia
|
Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia
menurut UUD 1945.
Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum
dengan sesudah perubahan
|
Sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD
1945
Perbandingan system pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum
dengan sesudah perubahan
|
C 2
C 2
|
|
|
2.3 Membandin-gkan
pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain
|
Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan
Indonesia
Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain
|
Kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia
Perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMKN 1 Sragi
NYOMAN MISTER, SE
NIP : 19690706 200604 1 012
|
|
Sragi, Juli 2017
Guru mapel PKN
TASMINI, S.Pd
NIP : -
|
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
Satuan
Pendidikan : SMK
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas /
Semester : XII / 2
Tahun
Pelajaran : 2017 -2018
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek
|
Ket
|
|
Penguasaan Konsep
|
Penerapan
|
||||
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
|
3.1 Mendeskrips-ikan pengertian, fungsi dan
peran serta perkembangan pers di
Indonesia
|
Menguraikan pengertian, fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis
Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia
Menguraikan peranan pers dalam masyarakat demokratis
|
Pengertian, fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis
Perkembangan pers di Indonesia
Peranan pers dalam masyarakat demokratis
|
C 2
C 2
C 2
|
|
3.2 Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab
sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
|
Menguraikan pengertian kode etik jurnalistik
Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di
Indonesia
Menunjukkan contoh-contoh penyimpangan kode etik jurnalistik dari
berbagai media
Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers
|
Pengertian kode etik jurnalistik
Analisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
Contoh-contoh penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media
Upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers
|
C 2
C 4
C 2
C 2
|
|
|
3.3 Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan
kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
|
Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di
Indonesia
Menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/ pers.
|
Manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
Dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/pers
|
C 2
C 1
|
|
|
4. Mengevaluasi dampak globalisasi
|
4.1
Mendeskripsi-kan proses, aspek, dan
dampak globalisasi dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
Mengemukakan proses globalisasi
Mendeskripsikan aspek globalisasi
Mendeskripsikan dampak globalisasi
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Proses globalisasi
Aspek globalisasi
Dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
C 2
C 2
C 2
|
|
|
4.2 Mengevaluasi pengaruh globalisasi
terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia
|
Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan
bernegara
Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa
Indonesia
|
Pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara
Contoh pengaruh negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia
|
C 2
C 2
|
|
|
4.3.Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi
globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia
|
Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi.
|
Penentuan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
Sikap selektif terhadappengaruh globalisasi
|
C 3
A 4
|
|
|
4.4.Mempresentasikan
tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia
|
Meresensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara
Membuat karya tulis tentang pengaruh globalisasi
Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi
|
Resensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara
Karya tulis tentang pengaruh globalisasi
Presentasi tulisan tentang pengaruh globalisasi
|
P 2
P 2
P 2
|
|
Mengetahui,
Kepala SMKN 1
Sragi
NYOMAN MISTER, SE
NIP : 19690706 200604 1 012
|
|
Sragi, Juli 2017
Guru mapel PKN
TASMINI, S.Pd
NIP : -
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar