Selasa, 24 Oktober 2017

PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK KELAS XII






                                         
                                                     PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
                                           
                                                    PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)

Satuan Pendidikan               : SMK
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester                   : XII / 1
Tahun Pelajaran                    : 2017 -2018
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep
Penerapan
1.  Menampil-kan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
1.1 Mendeskripsi-kan Pancasila sebagai ideologi terbuka
  Mendeskripsikan makna ideologi negara
  Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
  Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara
  Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
  Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
Makna ideologi negara


Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara


Fungsi pokok Pancasila sebagi dasar negara dan ideologi  negara

Perbedaan ideology terbuka dan ideologi tertutup

Makna Pancasila sebagai  terbuka
C 2



C 3




C 2





C 2




C 2





1.2  Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

  Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai.
  Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
  Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
Pengertian Pancasila sebagai isumber nilai

PengertianPancasila sebagai paradigm apembanganuan
Analisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangauanan
C 2




C  2


C 4






1.3 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

  Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
  Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.
Contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

Cara bersikap positif yangsesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka
A 4





C 4







2. Mengevalu-asi berbagai sistem pemerintahan

2.1 Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
  Mendeskripsikan penegertian system pemerintahan
  Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara
  Menguraikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
  Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
Pengertian system pemerintahan

Sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai negara


Kelebihan dan kelemahan si stem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

Ciri system
pemerintahan Presidensial dan Parlementer

C 2



C 3






C 2






C 1






2.2  Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia
  Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945.
  Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan
Sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945


Perbandingan system pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan
C 2





C 2






2.3 Membandin-gkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di  Indonesia dengan negara lain

  Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia
  Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain
Kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia


Perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain






Mengetahui,
Kepala SMKN 1 Sragi



NYOMAN MISTER, SE
NIP : 19690706 200604 1 012

Sragi,     Juli 2017
Guru mapel PKN



TASMINI, S.Pd
NIP : -
                                                           
                                                             PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK





PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)


Satuan Pendidikan               : SMK
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester                   : XII / 2
Tahun Pelajaran                    : 2017 -2018
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep
Penerapan
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
3.1   Mendeskrips-ikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia

  Menguraikan pengertian, fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis
  Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia
  Menguraikan peranan pers dalam masyarakat demokratis
Pengertian, fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis


Perkembangan pers di Indonesia


Peranan pers dalam masyarakat demokratis
C 2





C 2




C 2




3.2  Menganalisis  pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia

  Menguraikan pengertian kode etik jurnalistik
  Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
  Menunjukkan contoh-contoh penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media
  Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers
Pengertian kode etik jurnalistik

Analisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia


Contoh-contoh penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media


Upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers
C 2



C 4





C 2






C 2





3.3  Mengevaluasi  kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia

  Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
  Menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/ pers.
Manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia


Dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/pers
C 2





C 1






4. Mengevaluasi dampak globalisasi
4.1 Mendeskripsi-kan  proses, aspek, dan dampak  globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  Mengemukakan proses globalisasi
  Mendeskripsikan aspek globalisasi
  Mendeskripsikan  dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Proses globalisasi

Aspek globalisasi

Dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara


C 2


C 2


C 2







 4.2 Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia
  Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara
  Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia
Pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara



Contoh pengaruh negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia

C 2






C 2








4.3.Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi    globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia

  Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi.
Penentuan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara



Sikap selektif terhadappengaruh globalisasi


C 3








A 4






4.4.Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia
  Meresensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  Membuat karya tulis tentang pengaruh globalisasi
  Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi
Resensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara



Karya tulis tentang pengaruh globalisasi

Presentasi tulisan tentang pengaruh globalisasi
P 2








P 2



P 2





Mengetahui,
Kepala SMKN 1 Sragi



NYOMAN MISTER, SE
NIP : 19690706 200604 1 012

Sragi,     Juli 2017
Guru mapel PKN



TASMINI, S.Pd
NIP : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar